TUGAS 01 - Analisis dan Perancangan Sistem Informasi E

Deskripsikan Sistem Informasi

Sistem informasi adalah seperangkat komponen yang saling terkait yang mengumpulkan atau mengambil, memproses, menyimpan, dan mendistribusikan informasi untuk mendukung pengambilan keputusan dan pengendalian dalam suatu organisasi. Sistem informasi juga dapat digunakan untuk menganalisis masalah, memvisualisasikan subjek yang kompleks, dan menciptakan produk baru.

 

Digunakan untuk apa

Input, pemrosesan, dan output adalah tiga aktivitas dalam sistem informasi yang menghasilkan informasi yang dibutuhkan organisasi. Input menangkap atau mengumpulkan data mentah dari dalam organisasi atau dari lingkungan eksternalnya. Pemrosesan mengubah input mentah ini menjadi bentuk yang bermakna.

 

Definisi Stakeholder

Pada dasarnya sebuah bisnis tidak dapat bekerja sendiri. Agar bisnis dapat berkembang dengan baik, maka perusahaan perlu untuk berhubungan dengan para stakeholder agar tujuan bisnis dapat dicapai. Misalnya, sebuah perusahaan ingin mengembangkan sebuah proyek/produk baru. Penting bagi perusahaan untuk menentukan siapa stakeholder-nya, baik secara langsung ataupun tidak.  Dengan memahami peran stakeholder atau pemangku kepentingan, perusahaan dapat mengidentifikasi tujuan dan harapan terkait proyek yang ingin dijalankan.

Stakeholder yang terlibat langsung dengan urusan bisnis (internal) seperti owner, pemegang saham, hingga karyawan, memiliki dampak yang besar terkait proyek yang dikerjakan. Berhasilnya proyek tersebut sangat bergantung pada kerjasama yang dilakukan stakeholder ini. Mulai persetujuan dari pemilik dan pemegang saham, hingga pengerjaan dari pihak manajerial dan karyawan. 

Sedangkan, stakeholder yang tidak terlibat langsung (eksternal) tetap dapat mempengaruhi bisnis. Seperti, pelanggan dapat mengubah kebiasaan membeli mereka, pemasok dapat mengubah praktik distribusi, dan pemerintah dapat mengubah undang-undang/peraturan. Pada akhirnya, mengelola hubungan dengan pemangku kepentingan internal dan eksternal adalah kunci keberhasilan bisnis jangka panjang.

 

Siapa saja usernya

Secara umum stakeholder dibagi menjadi dua bagian yaitu internal dan eksternal. Mereka memiliki peranan yang berbeda dalam bisnis.

                           Stakeholder internal

Stakeholder internal adalah orang-orang yang kepentingannya dalam suatu perusahaan bersifat langsung, seperti pekerjaan, kepemilikan, atau investasi.

·         Pemilik perusahaan (owner)

Peran  pemilik perusahaan sebagai stakeholder utama dari sebuah bisnis tidak dapat dibantah lagi. Mereka umumnya penanam modal utama untuk bisnis dan memiliki suara dalam bagaimana perusahaan berjalan. Saran dan keputusan mereka biasanya sangat penting dalam proses bisnis.

·         Pemegang saham

Dalam aktivitas bisnis, pemegang saham, kepala eksekutif dan dewan direksi termasuk ke dalam stakeholder internal dari sebuah perusahaan. Biasanya mereka akan menjadi bagian penting terkait keputusan perusahaan mengenai sebuah proyek besar seperti, pengawasan, masukan, dan pengambilan keputusan.

·         Karyawan

Karyawan juga termasuk dalam stakeholder internal. Adapung karena mereka berinteraksi dengan pelanggan, mendapatkan uang untuk menghidupi diri , dan memberikan dukungan untuk operasi bisnis. Karyawan memiliki tanggungjawab untuk menjalankan fungsi manajerial, pengawasan atau fungsi lainnya. Sehingga dari usaha yang telah dilakukan, mereka mengharapkan manfaat seperti insentif, pertumbuhan karir dan kepuasan kerja.


Stakeholder eksternal

Stakeholder eksternal adalah mereka yang tidak secara langsung bekerja dengan perusahaan tetapi dipengaruhi oleh tindakan dan hasil bisnis.

·         Pelanggan

Sederhananya pelanggan adalah pihak yang membeli produk bisnis. Produk yang didapatkan, membuat mereka tertarik dengan kinerja dari sebuah bisnis. Pelanggan mengharapkan bisnis untuk menyediakan produk dan layanan yang efisien dan berkualitas tinggi. Sehingga memperhatikan kebutuhan pelanggan merupakan hal penting dari keberhasilan bisnis.

·         Suppliers/Vendor

Suppliers atau pemasok adalah pihak yang menjual barang kebutuhan dari sebuah bisnis. Mereka mengandalkan penjualan yang dilakukan untuk memperoleh pendapatan. Tanpa pemasok, bisnis tidak akan bisa berproduksi. Oleh karena itu,  penting bagi perusahaan untuk menjaga hubungan dengan para pemasok maupun vendor. Sehingga mereka juga merupakan stakeholder khususnya pada bagian eksternal.

 

Tampilkan Inputnya

Dalam sistem informasi, input adalah data, instruksi, dan bentuk lain dari informasi yang dimasukan ke dalam sistem. Mereka bekerja sebagai fondasi dari proses dan penyimpanan informasi dalam sistem. Input bisa berbentuk Data inventory, Instruksi, Data Transaksi, Akuntansi, dan input dalam bentuk lainnya.

Tampilkan outputnya    

Output adalah data dan informasi yang dihasilkan oleh proses input. Output adalah informasi yang dikeluarkan oleh sistem informasi kepada user. Yang informasi ini digunakan untuk memenuhi kebutuhan user. Beberapa contoh output dalam sistem informasi adalah Grafik, Chart, Laporan, dan output dalam bentuk lainnya.

 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

PBKK B - QUIZ 1

PWEB A - Quiz 1

PBKK B - QUIZ